Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Menjual barang dan jasa adalah hal biasa untuk memperoleh uang. Sebab tak bisa dipungkiri bagi sebagian besar orang, uang adalah hal yang paling dibutuhkan guna mememnuhi kebutuhan hidup.

Banyak cara untuk memperoleh uang selain menjual barang dan jasa, salah satunya dengan menjual organ tubuh yang dipunya. Iya, sudah menjadi rahasia umum jika dipasaran gelap organ manusia bisa dibandrol dengan harga tinggi.

Organ adalah sistem sel dan jaringan yang melakukan tugas tertentu dan fungsinya menurun seiring usia. Misalnya, jantung orang yang berusia 20-an tahun dapat memompa darah lebih dari 10 kali jumlah darah yang dibutuhkan, dan kemampuannya menurun karena penuaan. Paru-paru dan ginjal juga semakin lemah fungsinya seiring waktu, begitu juga dengan organ- organ lainnya.

Dirangkum dari infospesial, berikut adalah bagian dari organ manusia yang sering dijual.

1. Testis

testis Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Dilansir Huftington.com, Mark Parisi, seorang pria asal Las Vegas terpaksa menjual salah satu testisnya untuk mendapatkan uang dan menyelamatkan dari kebangkrutan.

Dari penjualan testis yang dilakukan, Mark mendapatkan uang $35.000 atau setara Rp 397 juta. Pria yang bekerja di sebuah kedai kopi ini juga mengaku, dari penjualan testi yang dia lakukan, setidaknya di bisa menghemat hingga Rp 8 juta untuk perawatan yang di biayai rumah sakit tempat di menjual testisnya.

Mark mengatakan, jika testisnya digunakan sebagai bahan penelitian maka dia berencana memperoleh testis buatan sebagai gantinya.

2. Penis

penis Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Mao Sugiyama pemuda berusia 22 tahun asal Jepang yang berprofesi sebagai seniman sekaligus koki ini pada 13 April 2012 lalu telah memutuskan menjual organ vitalnya tersebut. Tidak cukup dijual, Mao bahkan memutuskan untuk memasak penisnya dan dijual di restoran yang dikelolanya.

Tak tanggung keputusan sinting Mao tersebut dengan cepat menjadi pembicaraan di masyarakat Jepang.

Berita tersebut diawali dari tweet Mao yang diposkan pada tanggal 8 April, 4 hari sebelumnya yang berbunyi Aku menawarkan organ vitalku lengkap sebagai bahan makanan. Aku menawarkan 100,000 Yen, dan aku juga bersedia memasaknya.

3. Ginjal

ginjal Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Manusia memiliki 2 buah ginjal, di kanan dan kiri. Organ kecil yang berbentuk seperti kacang polong ini memiliki fungsi menyaring darah dan membersihkan toxin dari dalam tubuh. Ginjal bisa rusak karena beberapa penyakit seperti diabetes atau terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

Meski dengan hanya 1 ginjal, manusia masih bisa melakukan fungsinya dengan normal meskipun nantinya mengalami perubahan kemampuan tubuh.

Di pasar gelap, ginjal dihargai sekitar US$ 262.000 atau Rp 2,4 miliar. Oleh karena itu, beberapa orang ada yang nekat menjual ginjal untuk mendapat uang. Seperti yang dilakukan seorang wanita asal Bangalore, India yang memutuskan menjual ginjalnya untuk membiayai operasi pengecilan payudara yang hendak dilakukannya.

4. Rambut

rambut Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Rambut manusia bisa dimanfaatkan untuk membuat wig atau rambut palsu. Beberapa salon kecantikan atau tempat cukur rambut di Indonesia ada yang mengumpulkan rambut pelanggannya untuk dijual lagi. Bahkan ada yang sampai berkeliling pemukiman untuk mencari orang yang bersedia menjual rambutnya.

Berbeda dengan rambut sintetis buatan pabrik, wig dari rambut asli ini lebih disukai karena terlihat natural. Rambut asli akan dibentuk ulang hingga sesuai dengan bentuk kepala.

Harga jual wig dari rambut asli berkisar Rp 1 juta Rp 1,5 juta per buah, sedangkan yang dari rambut sintetis Rp 50.000 Rp 300.000 per buah.

5. Mata

mata Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Mata hanya bisa didonorkan ketika pendor dan resipian masih hidup, namun hanya sedikit orang yang mau merelakan matanya diberikan kepada orang lain. Kebanyakan donor mata diperoleh dari orang yang bersedia mewasiatkan matanya untuk didonorkan saat meninggal kelak.

Donor mata digunakan untuk mengatasi kebutaan kornea yang disebabkan oleh trauma, kecelakaan, infeksi atau akibat lupa melepas lensa kontak saat tidur. Seperti dilansir Gizmodo.com, di pasar gelap, sepasang bola mata dihargai US$ 1.525 atau sekitar Rp 14 juta.

Namun tidak semua mata yang didonorkan bisa langsung cocok.

6. Menyewakan Payudara

menyewakan payudara Inilah 6 Organ Manusia Yang Sering Dijual

Di kota Shenzen, China baru-baru ini dihebohkan dengan semakin maraknya penjual jasa sewa payudara. Payudara disewakan guna mendapatkan ASI yang dikonsumsi pria dewasa.

Dipercaya ASI meski diminum ketika dewasa bisa berfungsi untuk kesehatan serta meningkatkan vitalitas.

Untuk mendapatkan ASI ini setidaknya harus merogoh kocek 10.000-20.000 yuan (sekitar Rp 16-32 juta).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.