5 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu

Cemburu sering disebut-sebut sebagai “bumbu” dalam sebuah hubungan percintaan. Tapi, jika cemburu menjadi berlebihan, maka akan mengancam hubunganmu. Lalu bagaimana mengendalikan rasa cemburu? Cemburu merupakan sikap negatif yang dapat merusak hubungan. Jika kamu termasuk cewek yang memiliki rasa “jealous” yang cukup besar kepada pasangan, segera atasi rasa cemburu kamu, untuk menyelamatkan hubungan. Bagaimana caranya? Berikut 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu:

1. Mengenali Kecemburuan
Langkah pertama yang harus kamu ambil adalah mengenali rasa cemburumu. Seperti dikutip dari iniunik.web.id, kecemburuan yang terjadi dalam suatu hubungan merupakan rasa benci kepada orang yang dianggap saingan seksualnya. Rasa cemburu merupakan penggabungan rasa takut dan marah, rasa takut kehilangan pasangan yang dicintai dan kemarahan karena melihat pasangan tertarik pada cewek/cowok lain. Di balik rasa takut dan marah ini, biasanya ada keinginan untuk mengontrol pasangan kamu.

Oleh sebab itu, sebelum mengambil respon yang berlebihan dari rasa cemburumu, sebaiknya kenali situasinya terlebih dahulu. Berpikirlah lebih objektif. Tanyakan pada diri sendiri, apakah ketika si dia pergi makan siang dengan teman cewek/cowoknya memiliki alasan kuat untuk dicemburui atau ini hanya pemikiran negatif kamu.

2. Lebih Percaya Diri
Penyebab rasa cemburu yang berlebihan adalah kurangnya self-esteem. Semakin lama, jika kamu merasa rendah diri maka kecemburuan yang berlebihan mulai terlihat. kamu merasa setiap teman cewek/cowok si dia merupakan ancaman untuk kamu dan hubunganmu. Padahal, belum tentu hal tersebut benar.

3. Menyibukkan Diri
Waktu akan terasa sangat lama jika kamu tidak memiliki kesibukan. Hal ini juga yang membuat kamu merasa pasangan menjadi jarang menghubungimu, karena kamu menunggu-nunggu kabar darinya. Ketika si dia tidak memberi kabar, pikiran negatif kerap timbul dan kamu menjadi berasumsi buruk tentangnya. Dengan memiliki banyak kegiatan, kamu dapat menghindari pikiran-pikiran negatif ketika si dia tidak bersama denganmu.

4. Bicarakan Dengan Pasangan
Komunikasikanlah dengan pasangan bahwa kamu seringkali merasa tidak nyaman. Bicarakanlah dengan santai dan carilah solusinya bersama-sama. Dengan mengutarakan perasaanmu, siapa tahu pasangan menjadi lebih menjaga sikapnya dan si dia dapat mengerti kamu. Dengan catatan, kamu pun harus merubah sikap dengan berpikir lebih positif.

5. Hilangkan Prasangka Buruk
Coba hilangkan prasangka buruk pada pasangan. Mulailah dengan tidak memeriksa telepon atau akun social media-nya seperti Facebook dan Twitter. Yakinkah dirimu bahwa kamu pantas dengannya. Ketika kamu berpikir positif, pikiran menjadi lebih jernih.

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.